Sabtu, 10 September 2016

Tips-Tips Bangun Malam



Resensi ini pernah dimuat di dakwatuna.com 


Judul                           : Tips-Tips Mudah Agar Bisa Bangun Malam
Pengarang                   : HM. Amrin Ra’uf
Penerbit                       : Bening
Tempat Terbit              : Yogyakarta
Cetakan I                    : Agustus 2011
Jumlah Halaman          : 155 halaman

dakwatuna.com – Bangun di tengah malam bagi beberapa orang terutama muslim adalah hal yang sulit dilakukan. Padahal tengah malam merupakan waktu yang tepat untuk khusyuk beribadah kepada Allah SWT melalui salat Tahajjud, dzikir, dan mengaji. Namun, ada sebagian muslim yang sanggup bangun malam dan merasakan kenikmatan beribadah. Lantas bagaimana cara mereka melatih bangun malam hingga menjadi suatu kebiasaan? Untuk mencapai ini semua tentu awalnya tidak mudah bagi mereka.
Muslim yang terbiasa bangun malam mengalami hal yang serupa yaitu terasa berat untuk beranjak dari tempat tidur.  Kebiasaan lama yang susah untuk bangun malam tidak akan berubah dengan sendirinya. Butuh latihan yang rutin hingga kemudian menjadi sebuah kebiasaan. Pada saat seseorang sudah terbiasa bangun malam, maka ia akan menikmati ibadah pada waktu itu. Sebab, ia bisa menumpahkan segala keluh kesah dunia kepada Allah SWT. Kenikmatan beribadah tengah malam terletak pada keadaan yang dapat mengondisikan diri agar merasakan kesendirian sebagai seorang hamba di hadapan Allah SWT.
Melalui buku ini, pembaca akan mendapatkan berbagai macam cara agar bisa bangun malam. Buku ini juga dilengkapi kisah-kisah inspiratif yang dapat dijadikan contoh bagi para pembaca. Lalu, apa sajakah tips-tips agar sebagian waktu malam tak berlalu dengan sia-sia?


Cara Lahir

Tips Pertama             : Mengatur Aktivitas di Siang Hari
Apabila banyaknya aktivitas di siang hari membuat Anda malas untuk bangun di malam hari, hendaknya Anda mengatur atau mengurangi sedemikian rupa sebagian aktivitas tersebut, sehingga Anda tidak terlalu capai dan tidak malas untuk bangun malam. Bangunlah semangat Anda untuk bangun malam sebagaimana Anda bersemangat untuk bekerja agar mendapatkan uang berlimpah.

Tips Kedua                : Hindari Makan Terlalu Kenyang Sebelum Tidur
Sudah menjadi pemahaman umum bahwa perut yang terlalu kenyang sesaat sebelum tidur membuat Anda sulit bangun. Nabi Muhammad, sewaktu makan beliau berupaya untuk berhenti sebelum kenyang. Sebab, kenyang membuat kondisi hati manusia menjadi keras. Tidak jarang, perut yang terlalu kenyang bisa menyebabkan seseorang lupa akan Tuhannya. Maka, aturlah pola makan Anda agar menjadi lebih seimbang. Hal ini tidak merugikan Anda dan tidak membuat Anda malas bangun di waktu malam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Tips Ketiga                : Pasang Alarm Sebelum Tidur dan Sediakan Air Secukupnya
Berdasarkan kisah seorang lelaki yang mewajibkan diri untuk bangun malam. Awalnya terasa berat, sampai suatu saat ia menemukan cara yang ampuh. Cara yang dimaksud adalah memasang alarm sebelum tidur dan menyediakan air yang dilengkapi sapu tangan, lalu mencelupkan ke dalam air, kemudian sapu tangan itu diusapkan ke matanya. Begitu air mengenai wajahnya, rasa kantuk itu lenyap. Dengan segera, ia beranjak dari tempat tidur untuk berwudhu, dan menghadap Allah SWT seraya bersyukur karena telah diberi kemampuan untuk melawan kantuk dan godaan setan. 

Tips Keempat            : Membuat Program Tahajjud Bersama
Jika Anda sudah berstatus sebagai orang tua, setidaknya Anda berupaya untuk memberikan teladan yang baik bagi anak bahwa bangun malam itu sangat penting. Untuk menjaga kontinuitas bangun malam, Anda bisa membuat kesepakatan dengan keluarga Anda untuk bangun dan melaksanakan shalat Tahajjud bersama. Membuat program seperti ini tentunya tidak mudah dibutuhkan proses yang panjang dan bertahap. Bila perlu, Anda membuat sebuah tulisan besar seperti “Wajib Bangun Malam” dan diletakkan di dinding kamar Anda dan Anak Anda.

Tips Kelima               : Menghindari Maksiat
Menurut Imam Abu Hamid bin Muhammad al Ghazali, menghindari maksiat termasuk tips agar bisa bangun malam. Maksiat itu bermula dari panca indera manusia. Melalui panca indera itulah kemudian mengirimkan informasi ke dalam otak dan menjadi virus ke dalam hati Anda.
Adapun cara yang dapat dilakukan seseorang agar mudah bangun malam melalui batin seperti
merasa takut akan kehidupan di akhirat, mengetahui dan merasakan fadhilah bangun dan shalat malam, berdoa dan kontrak dengan Allah agar bisa bangun malam, serta menjadikan shalat Tahajjud sebagai media mengingat mati. Baca buku ini, praktikkan, istiqamahkan niscaya bangun malam untuk beribadah bukan lagi menjadi momok yang berat bagi Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar